Inilah Cara untuk Menyelamatkan Papua

Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Elizabet Adriana menilai, untuk bisa menyelesaikan masalah dan menyelamatkan Papua, pemerintah harus memberikan kebebasan kepada masyarakat setempat.

“Papua harus diberikan kebebasan berekspresi, rasa aman, nyaman, dan tidak takut untuk diteror. Hal-hal inilah yang dapat menyelamatkan Papua, ” katanya dalam sebuah diskusi di Jakarta, Senin (14/11/2011).

Elizabet menjelaskan, terdapat dua pandangan terhadap masalah Papua ini, pandangan Jakarta terhadap Papua dan pandangan Papua itu sendiri.

“Pandangan Jakarta terhadap Papua selama ini sebagai sparatis, miskin dan bodoh, sedangkan Papua menganggap yang punya persoalan adalah Jakarta, ” tuturnya.

Dalam menyelesaikan masalahan ini, lanjut Elizabet konsep dari Jakarta tidak usah dibawa. “Biarkan Papua menyelesaikan masalahnya sendiri, ” paparnya.

Soal adanya isu kemerdekaan, itu adalah bentuk dari ketidakpuasan Papua terhadap pemerintah pusat. “Ideologi itu digunakan agar dapat diperhatikan, ” jelasnya.

okezone.com, 14 November 2011